Open Elemen Air System pada Civic Nouva

bermesin ZC 1.600cc Dual Carb.

( + Up Grade Ignitions )

ULASAN :

            Civic Nouva ini Kami dapati sudah bermesin ZC 1.600cc ketika masuk ke bengkel Kami, mesin aslinya rusak termakan karat sehingga Ryan sang pemilik mobil memutuskan untuk sekalian ganti mesin saja, kemudian jatuh pilihan pada mesin Honda SOHC berkode ZC ini. Dimana aplikasi mesin ini pada mobil Honda Civic keluaran th. 1988 s/d. 1991 (LX / Nouva / Grand Civic) memang sering dilakukan karena struktur, dimensi dan tata letak mesin yang memang mirip (hanya berbeda kapasitasnya / CC) sehingga hampir tidak memerlukan perubahan apapun jika ingin menggantikan mesin yang lama.

                Ryan menginginkan mesin ZC-nya dimodifikasi agar lebih bertenaga, setelah melirik Dual Carb di etalase Kami dan membahas hasil yang diharapkan, dia memutuskan untuk menggunakannya. Seperti aplikasi Dual Carb yuang sudah sering Kami lakukan (baca ulasan: Modifikasi Cylinder Head Honda Civic SOHC M/T, Aplikasi Dual Carb Pada Honda Civic ’88 A/T), kali ini Kami akan membuatnya sedikit berbeda yaitu dengan mengaplikasikan Open Elemen Air System yang Kami desain sendiri sesuai kebutuhan mesin (custom).

                Pemasangan Dual Carb berjalan lancar, setelah setingan karburator didapat, berikutnya Kami pasang Open Elemen Air Filter yang sudah selesai Kami buat dan dengan sedikit penyesuaian pada setelan angin karburator maka mobil siap dicoba, sebelumnya tidak lupa Kami tambahkan Coil Racing External + Kabel Busi Racing. Desisan udara ber-turbulensi yang masuk melalui Open Elemen Air System ini santer terdengar sampai ke dalam kabin apalagi pada saat oper gigi di RPM tinggi. Hasil yang didapat sangat memuaskan, terlihat dari tampang Ryan yang senyam-senyum riang sambil mengacungkan kedua jempol tangannya setelah mencoba mobil kesayangannya.

                Honda Civic Nouva ini memang sangat ideal untuk dimodifikasi bagi para pencinta kecepatan, keuntungan utama dikarenakan bodynya lebih ringan (type hatch-back), berbentuk aerodinamis, lalu mesinnya dapat dimodifikasi dengan mudah mulai dari penggantian part kompetisi yang beragam, penggantian system karburator ke injection yang mudah, pengaplikasian Cylinder Head bersistem VTEC, hingga penggantian mesin dengan yang ber-spek lebih tinggi (engine swap).

 

 

REVIEW: 

  1. Penggunaan Open Elemen Air System memungkinkan udara yang dikonsumsi mesin lebih banyak, karena filter udara ini menggunakan bahan yang partikelnya lebih renggang sehingga mudah ditembus udara, saluran udara dan bentuk box yang baik akan memberikan efek turbulensi pada udara yang mengalir menuju karburator.
  2. Mesin dengan asupan udara yang banyak akan memerukan penyetingan ulang terutama pada karburator, demikian juga pada sensor-sensor tertentu di sistem mesin injection.
  3. Filter udar Open Elemen akan lebih optimal bila sering dibersihkan secara berkala pada pemakaian sehari-hari.

0 Responses to “Open elemen air system pada civic nouva”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




September 2014
M T W T F S S
« Jul    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: