Aplikasi Dual Carb Pada Honda Civic ’88 A/T

( ++ up grade Camshaft & Ignitions )

 

ULASAN :

Para pengguna mobil bertransmisi otomatis (Automatic Transmition – A/T) sering bergelut dengan opini yang menomerduakan kemampuan mobil matic kesayangannya dibanding dengan yang ber-spek M/T (Manual Transmition), mulai dari Tarikan Yang Kurang Responsif, Konsumsi BBM yang Lebih Boros, Biaya Perawatan yang Lebih Besar dll. Sehingga mengakibatkan harga jual kembali mobil  ber-spek A/T  jadi anjlog apalagi bila sudah terhitung  lumayan berumur, pemilik pun dihadapkan pada 2 pilihan untuk menjual mobilnya dengan harga murah alias rugi besar atau tetap memakainya dengan berbagai kelemahan yang dihadapi.

Pengguna mobil matic sering menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mengatasi tarikan awal yang kurang responsif sehingga mesin meraung lebih keras agar mobil cepat melesat, apalagi kalau sedang terburu-buru dikejar waktu. Padahal hal tersebutlah yang menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Berdasarkan hal-hal tersebut Kami melakukan modifikasi dengan membesarkan tenaga mesin mobil Klien kami sehingga gejala tarikan awal yang kurang responsif bisa teratasi dan meminimalkan raungan mesin yang berlebihan bila ingin memacu kendaraan matic lebih cepat.

Aplikasi yang kami lakukan adalah dengan mengganti Karburator bawaan mobil (Single Barel) dengan tipe Dual Carb (Twin Barel) lengkap dengan Intake-nya yang secara teknis akan memperbesar torsi mesin sehingga tarikan lebih enteng “ wuih lebih enteng gas-gasannya, diinjek dikit langsung ngacir ” kata Bisatyo, klien Kami si empunya mobil Honda Civic LX  A/T  keluaran th.’88 yang sering terburu-buru kalo berangkat kuliah.

Setelah modifikasi Dual Carb terpasang dengan baik, selanjutnya Kami mengganti Camshaft (Noken As) dengan Camshaft mesin Honda bertipe ZC yang mempunyai durasi dan lift yang sedikit lebih tinggi, kelebihan dari Camshaft ini adalah performa mesin saat idle/stasioner tetap seperti kondisi Standar sekalipun pada saat menggunakan AC, halus dan tetap nyaman, tetapi bila gas dibejek dalam, raungan mesin sangat berbeda dan tenaganya melonjak lumayan besar terutama di putaran atas.

            Setelah terpasang sempurna, Kami kembali mencoba Civic ini, hasilnya sangat signifikan, torsi terasa melonjak naik dan angka 140km/jam sangat mudah dan cepat diraih, kemudian sekembalinya ke bengkel Kami melengkapi mobil dengan Coil External dengan Voltase lebih besar lengkap dengan Kabel Busi Racing ber-Ground Wire untuk menyempurnakan pengapian guna mengimbangi pasokan BBM setelah mengaplikasi Dual Carb + Camshaft ZC, setelah itu mobil Kami serahkan pada pemiliknya untuk ditest pada panggunaan kesehariannya.

            Setelah 1 minggu Bisatyo kembali ke bengkel , “ Tenaganya gila-gilaan Mas, enak banget bawaannya,tapi BBM-nya Cuma lebih irit sedikit, kmaren 1 : 9 skarang cuma jadi    1 : 10 “ katanya. Mungkin kalau Dia bisa bangun lebih pagi dan gak harus buru-buru berangkat kuliah (he,he,he – peace…) bisa dipastikan diraih perbandingan lebih besar yaitu 1 : 11 ( 1 liter bensin  untuk 11 km ) untuk pemakaian normal dan wajar. 

single-carb-civic12 single-carb-civic21

 

 

 

 

 

 

 

  

 –BEFORE-

 

dual-carb-civic1

dual-carb-civic2

 

 

 

 

 

 

 

 

                              

-AFTER-

 dual-carb-civic32

 –FRONT-

dual-carb-civic4

-REAR-

 coil-external-tio

tyo2 

REVIEW :

  1. Aplikasi Dual Carb pada Honda Civic SOHC th.’88 – ‘91 akan memperbesar torsi dan horse power mesin.
  2. Bila dilengkapi dengan Camshaft yang memiliki spek lebih tinggi dan Pengapian (ignition) berkemampuan lebih besar maka tenaga mesin akan bertambah besar secara signifikan.
  3. Modifikasi ini termasuk kategori PNP (Plug ‘N Play) yang semua Sparepart dapat langsung diaplikasikan tanpa banyak perubahan pada mesin Standart bawaan mobil, hanya saja memerlukan penyetingan ulang yang matang.
  4. Aplikasi Dual Carb dan Up Grade Camshaft + Ignitions pada mobil bertransmisi manual (M/T) akan memperoleh hasil peningkatan tenaga yang jauh lebih besar, apalagi bila sudah menggunakan Ported ‘n Polished Cylinder Head yang dilengkapi dengan pemakaian Exhaust System (Header) Racing baik produk aftermarket maupun buatan/custom. (baca di ulasan “Modifikasi Cylinder Head Honda Civic – Ported ‘n Polished Cyl. Head + Exhaust System”).
  5. Karakter mengemudi kendaraan sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM.

    – NN –

 

   


0 Responses to “APLIKASI DUAL CARB PADA CIVIC A/T”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




December 2016
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d bloggers like this: