Modifikasi Cylinder Head Honda Civic SOHC M/T

( Ported ‘n Polished Cyl. Head + Dual Carb + Camshaft ZC +

Valve Springs Custom + Exhaust System Custom )

 

ULASAN :

                Berbicara modifikasi mobil memang tidak ada habisnya, apalagi para pecinta kecepatan, Up Grade Mesin mobil kesayangan seakan wajib hukumnya. Banyak pehobi yang berkesimpulan kalo mau modif mesin mesti punya mobil lain, asumsinya banyak, antara lain : modif mesin beresiko terhadap ketahanan/keawetan mesin, memakan waktu lama jika service atau perbaikan, tidak nyaman dipakai harian, boros dll. sehingga mengganggu aktifitas sehari-hari.

Lain halnya dengan Klien kami, setelah sukses di kerjaannya, menikah lalu punya momongan, malah semakin menjadi-jadi untuk memodifikasi mesin mobil kesayangannya. Ketika datang ke bengkel kami, Ariyawan Agung Nugroho atau yang akrab disapa Mas Hoho’ mengajukan beberapa syarat dalam memodifikasi Honda Grand Civic keluaran Th.’90 miliknya, antara lain : tetap nyaman dibawa jalan-jalan bersama keluarga, tetap irit BBM, suara halus seperti standar, tapi bisa dipake ngebut kalau-kalau adrenalinnya baru tinggi atau ada yang nantangin di jalanan.

Setelah Kami menyanggupi, dimulailah modifikasi pada mobil ini, diawali dengan melakukan Porting dan Polishing saluran masuk dan keluar pada Cylinder Head, yaitu membentuk alur/jalan yang dilalui bahan bakar supaya lebih cepat sampai ke ruang bakar dengan volume yang lebih banyak dan mempunyai tekanan lebih tinggi sehingga kebutuhan bahan bakar yang diledakkan disetiap putaran mesin tidak pernah kurang ataupun terlambat, demikian juga dengan saluran buang juga harus disesuaikan agar sisa pembakaran dapat habis terdorong keluar dengan lancar melalui rangkaian knalpot/exhaust system. Proses Porting (pembentukan) ini diakhiri dengan Proses Polishing (poles) pada permukaan setiap jalur isap dan buang tersebut untuk menghindari timbulnya kerak yang biasa terselip pada tekstur kulit jeruk/kasar pada cetakan pabrik pada saat pengecoran Cylinder Head tersebut (lihat gambar).

 

porting-polishing1

porting-polishing2 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 – BEFORE

porting-polishing3

porting-polishing 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

AFTER

porting-polishing4

 

  

porting-polishing5

 

FULL LOOK

 

Setelah Proses Porting ‘n Polishing selesai maka dilakukan Prose Set Kompresi ruang bakar yang tentunya Kami besarkan dengan perhitungan tertentu, Set Kompresi ini harus akurat dan presisi karena dilakukan dengan memapas permukaan Cylinder Head yang bila terlalu banyak akan berakibat Kompresi melonjak terlalui tinggi sehingga meminta Bahan Bakar yang ber-oktan lebih, sehingga pengesetannya harus disepakati bahan bakar apa yang akan kita pakai nantinya.

Kemudian Kami mulai mengatur elastisitas Per Klep dengan mengganti yang lebih keras guna menghindari gejala Floating pada putaran mesin (RPM–Route Per Minute) tinggi.

Setelah Modifikasi Dasar sektor Cylinder Head selesai, kami mulai menginstal perangkat-perangkat penunjangnya seperti penggunaan Dual Carb dan Camshaft ZC (baca ulasan “Aplikasi Dual Carb Pada Honda Civic ’88 A/T “), serta penggantian Exhaust Header berkonfigurasi 4.1 yang Kami desain khusus diikuti pengaturan pipa knalpot yang menggunakan diameter yang lebih besar dan pemakaian Muffler (kendangan/tabung) knalpot ber-spek Free Flow pesanan khusus (custom). Hal ini menghasilkan tebaran gas buang yang rata sehingga tarikan/power mesin terasa terus mengisi mulai dari putaran RPM bawah hingga atas (tidak ngempos) dengan suara yang sangat lembut. (sesuai syarat yang diajukan Mas Hoho’)

headers-3

 

 

 

 

headers-4

 

 

               

 

 HEADER

 

 

 

 

 

 Setelah Up Grade mesin lengkap, tidak lupa Kami tambahkan Up Grade di sektor Pengapian (ignition) dengan memasang External Coil bervoltase lebih besar lengkap dengan Kabel Busi Racing Ber-Ground Wire untuk mengimbangi pasokan BBM dan Kompresi sehingga menghasilkan ledakan yang sempurna.

ignitions1

COIL EXTERNAL

                Selanjutnya setelah Kami uji coba, Kami serahkan pada si empunya mobil untuk Test Drive, “ gile 160 km/jam cepet banget dapetnya Mas, mana gigi 1-2-3 nya spin-spin terus….! “ ujar Mas Hoho’ puas. Selang beberapa hari Kami menerima SMS dari Ariyawan Agung Nugroho yang mengabarkan bahwa konsumsi BBM-nya malah lebih irit dari sebelumnya, yang dulunya 1:11 untuk pemakaian Luar Kota kini bisa 1 : 12 (1 liter bensin menempuh 12 Km). Selamat ya Mas masih bisa ngebut dan tetap disayang keluarga. Jangan lupa ganti oli dan perawatan rutin biar mesinnya awet. Sip.

 

REVIEW :

  1. Modifikasi ini hanya menyentuh mesin bagian atas (Cylinder Head) tanpa memodifikasi Blok Mesin, sehingga tidak mempengaruhi tingkat keausan sparepart didalamnya.
  2. Modifikasi ini memberikan efek penambahan tenaga mesin yang cukup besar, akan lebih baik jika diimbangi dengan up grade pada sektor kaki-kaki.
  3. Tingkat perawatan mesin yang telah dimodifikasi harus lebih ditingkatkan, baik mulai penggunaan mutu dan jenis oli sampai penggunaan radiator coolant untuk menjaga kestabilan temperature mesin.
  4. Tingkat keawetan mesin dan konsumsi BBM sangat dipengaruhi oleh seberapa besar modifikasi yang telah dilakukan dan karakter pengemudi dalam menggunakan mesin mobil dikesehariaanya.
  5. Modifikasi ini akan lebih efektif jika dibarengi dengan Up Grade/Set Fly Wheel (roda gila) dan penggantian Final Gear dengan Perbandingan yang lebih besar pada sistem Transmisi Manual (M/T).
  6. Modifikasi ini dapat diaplikasikan pada semua jenis mobil.

 

                                                                                                                                                                                – NN –


0 Responses to “Modifikasi Cylinder Head Honda Civic SOHC M/T”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




December 2016
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d bloggers like this: